gacoan mie pedas no. 1 di indonesia


                                                   Adelia hafid
                                                       XI tjkt 1


        PT Pesta Pora Abadi, berdagang dengan nama Mie Gacoan, adalah sebuah waralaba restoran asal Indonesia. Usaha ini didirikan pada awal tahun 2016 di Malang. Mie Gacoan terkenal karena menjual mi goreng pedas dengan harga murah, strategi yang dirancang untuk menargetkan khalayak muda. Per tahun 2025, Mie Gacoan memiliki lebih dari 280 gerai di seantero Indonesia, dengan jumlah terbanyak di Pulau Jawa. Dalam bisnis mereka, Mie Gacoan telah mempekerjakan lebih dari 10.000 pegawai. Kata "Gacoan" berasal dari Bahasa Jawa yang berarti jagoan atau andalan.



Sejarah

     Mie Gacoan didirikan oleh Anton Kurniawan, seorang pengusaha asal Malang, pada tahun 2016. Tidak banyak yang diketahui mengenai diri Anton, karena dia memilih untuk menahan diri tampil di depan publik. Dikarenakan minimnya informasi mengenai dirinya, banyak sumber yang salah mengutip sosok Harris Kristanto, seorang pengusaha beretnis Tionghoa asal Surakarta yang menjabat sebagai COO (Chief Operating Officer) Mie Gacoan, sebagai pendiri perusahaan ini.

    Fenomena mi goreng pedas layaknya Mie Gacoan sebenarnya bukan hal baru di Malang, di mana terdapat beberapa waralaba yang berkompetisi. Menurut wawancara di kanal YouTube Traveling Yuk, bisnis mi pedas Malang dipelopori oleh Kober Mie Setan, perusahaan yang didirikan oleh Gemmy Ramadhan pada tahun 2010. Kober Mie Setan membagi menu mi mereka menjadi Angel (gurih dan tidak pedas), Setan (gurih dan pedas), dan Iblis (manis), pembagian yang lantas ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain, termasuk Mie Gacoan.

    Mie Gacoan dapat melampaui pesaing-pesaing mereka berkat ekspansi agresif yang mereka lakukan pada akhir tahun 2010-an. Perusahaan ini mendobrak pasar Bali dengan dibukanya cabang Pakerisan, Denpasar pada tahun 2018, Pulau Sumatra dengan dibukanya cabang Jalan Moh. Mansyur di Medan pada tahun 2022, Pulau Sulawesi dengan dibukanya cabang Gowa pada tahun 2023, dan Pulau Kalimantan dengan dibukanya cabang Balikpapan MT Haryono pada tahun 2024. Sejak tahun 2022, Jabodetabek telah menggeser Gerbangkertosusila sebagai wilayah dengan gerai Mie Gacoan terbanyak se-Indonesia. Dengan dibukanya cabang Kayu Tangi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tanggal 10 Februari 2025, Mie Gacoan telah hadir di 24 dari 38 provinsi di Indonesia. Perusahaan ini sempat mengebohkan dunia maya berkat sejumlah video viral yang memperlihatkan antrean pelanggan mereka yang mengular saking panjangnya sehingga memakan waktu berjam-jam.


Sebelum tahun 2023, Mie Gacoan tidak bersertifikat halal karena kontroversi mengenai penamaan menu makanan dan minuman mereka yang berbau mistis, sehingga dianggap tidak memenuhi kriteria Sistem Jaminan Halal oleh Majelis Ulama Indonesia. Pada tanggal 1 Februari 2023, Mie Gacoan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI setelah mereka setuju untuk mengganti nama-nama menu yang mengundang kontroversi. Per tanggal 22 Juni 2023, keseluruhan gerai Mie Gacoan sudah mendapatkan sertifikasi tersebut.


Produk

    Makanan utama yang disajikan oleh restoran ini adalah mi goreng dengan rasa gurih (Mie Suit/Mie Hompimpa) atau manis (Mie Gacoan). Pembeli dapat memilih sendiri tingkat kepedasan dari mi tersebut, mulai dari tidak pedas hingga Level 9. Restoran juga menyajikan dimsum, udang keju dan rambutan, dan siomai ayam sebagai makanan sampingan. Untuk minuman, tersedia aneka es buah dengan nama-nama unik seperti "Es Teklek" hingga "Es Gobak Sodor".


Daftar harga

      Mie Gacoan menawarkan tiga macam varian mie, yakni mie suit, mie hompimpa, dan mie gacoan. Berikut harganya.

Mie Suit: Rp 10.500

Mie Hompimpa Level 1-4: Rp 10.500

Mie Hompimpa Level 6-8: Rp 11.400

Mie Gacoan Level 0-4: Rp 10.500

Mie Gacoan Level 6-8: Rp 11.400

    Mie Suit adalah varian mie yang tidak pedas dengan cita rasa gurih, cocok dinikmati oleh anak-anak, sementara Mie Hompimpa menawarkan rasa pedas dan gurih yang menarik bagi remaja dan dewasa muda. Untuk Mie Suit, strategi pemasaran dapat difokuskan pada target pasar keluarga dengan mengembangkan variasi rasa seperti Ayam Bawang, Keju, dan Jagung Manis, serta menggunakan kemasan ceria yang menarik perhatian anak-anak. Di sisi lain, Mie Hompimpa dapat menawarkan berbagai tingkat kepedasan dan rasa inovatif seperti Pedas Ayam Geprek dan Pedas Korea, dengan promosi melalui media sosial dan tantangan makan pedas. Aspek bisnis yang perlu diperhatikan meliputi kemasan menarik, harga kompetitif, distribusi yang luas, dan inovasi berkelanjutan. Dengan slogan yang catchy seperti "Mie Lezat, Anak Hebat!" untuk Mie Suit dan "Pedasnya Nagih, Bikin Semangat!" untuk Mie Hompimpa, kedua produk ini memiliki potensi besar untuk sukses di pasaran.


Komentar